Kamis, 16 Februari 2017

Bahan Aktif&Bahaya fogging

Halo! Assalamualaikum Wr Wb. Ya kita sedang memasuki part yang kedua dari artikel sebelumnya.
Oke langsung saja.


Bahan Aktif&Bahaya fogging


Lanjutan.
Walaupun bahan aktif yang digunakan itu tidak selalu efektif mengendalikan vektor karena beberapa tempat Aedes sudah menunjukkan resistensi terhadap beberapa insektisida yang digunakan. saat ini hampir semua populasi aedes aegypti menunjukkan ketahanan terhadap insektisida pyrethroid, permethrin, dan deltamethrin. Kalaupun pengasapan masih digunakan hasilnya hanya dapat menghalau/membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak termasuk dengan larvanya. Pengasapan dengan malathion 4 persen dengan pelarut solar yang dinilai efektif hanya mampu membunuh nyamuk dewasa pada radius 100 sampai 200 meter dari jarak terbang nyamuk yang hanya efektifitas satu sampai dua. D

alam kondisi itu penggunaan insektisida selain kurang efektif dan mahal juga berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan.

 Bahaya Fogging/Semprot:
a.       Dapat mengganggu saluran pernapasan
b.      Bila dilakukan fogging terus menerus nyamuk dapat kebal terhadap bahan kimia.
c.       Dapat mengakibatkan keracunan terhadap makanan yang  terkena asap fogging.
cara Pelaksanaan Fogging:
Selama ini masyarakat begitu mengandalkan fogging untuk menekan laju penularan penyakit DBD. Karena itu juga ada beberapa hal penting yang wajib kita ketahui di dalam fogging  antara ain sebagai berikut:

a.         Bahwa fogging efektif untuk membasmi vektor  atau nyamuk Aedes agyepti  dewasa saja karena upaya fogging saja tidaklah terlalu efekif untuk menekan laju penularan DBD  dimasyarakat meski tidak berarti, upaya melakukan  fogging sia-sia(Pengendalian Hama).
b.      Efek fogging hanya efektif bertahan selama 2 hari.
c.       Selain itu, jenis insektisida yang dipergunnakan mesti diganti secara periode untuk menghindari kekebalannya (resistensi nyamuk Aedes/Pest Control)
                                    Hal-hal yang diperhatikan dalam pelaksanaan fogging dengan swingfog upaya untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah sebagai berikut:

a.       Konsentrasi pada larutan dan cara pembuatannya. Untuk malathion, konsentrasi larutan adalah 4-5%.
b.      Nozzle yang dipakai musti sesuai dengan bahan-bahan pelarut yang digunakan dan dengan debit keluaraan yang diinginkan.
c.        Jarak moncong mesin dengan target maksimal adalah 100 meter.
d.      Kecepatan berjalan ketika memfogging, untuk swingfog kurang lebih dari 500 m2 atau 2/3 menit untuk satu rumah dan halamnnya.
e.        Waktu fogging disesuaikan dengan kepadatan atau aktifitas puncak dari nyamuk, yaitu 06.00 sampai 10.00.
      Dalam pelaksanaan foging ini pun telah diperhatikan hal-hal diatas sehingga diharapkan hasilnya juga optimal.
      Mesin pengabut Swing Fog dengan bahan bakar bensin yang dikembangkan oleh Motan, prinsip kerjanya berdasarkan semburan berpulsa. Campuran bahan bakarnya adalah bensin dan udara secara berseri dan dibakar dalam ruang pembakaran yang berbentuk khusus pada getaran sekitar 90 pulsa perdetik. Gas hasil pembakaran keluar melalui pipa yang lebih kecil dari pada ruang pembakaran. Larutan bahan kimia diujung resonator lewat arus pulsa gas kemudian pecah menjadi jutaan partikel-partike kecil yang dihembuskan ke udara dalam bentuk kabut yang tebal. Temperatur diujung resonator tempat cairan bahan kimia mengalir berkisar antara 40 sampai 60 derajat Celcius tanpa mengurai komposisi bahan bakar aktif, larutan bahan kimia yang terkena panas tidak lebih dari 4 sampai 5 mili detik. Oleh sebab itu bahan kimia yang peka terhadap panas dapat dipakai.
      Pada sistem kerja mesin pengabut ini tidak ada bagian suku cadang yang bergerak. Tenaga listrik yang berasal dari 4 buah batu batere biasa hanya digunakan untuk menghidupkan mesin.

Tags:

1 Responses to “Bahan Aktif&Bahaya fogging”

Anonim mengatakan...
4 Februari 2022 pukul 13.12

VGCVHG-vvideogames.net by VGCVHG-videogames.net
VGCVHG-videogames.net. A side-scrolling shooter for the PlayStation 4 with a side-scrolling free youtube to mp3 beat-em-up featuring a gun


Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Semprot. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks