Kamis, 16 Februari 2017

Alat Fogging

Halo! Assalamualaikum wr wb. Bertemu lagi dengan saya Mr.Semprot yang akan membahas tentang alat alat penyemprotan. Berhubung saya sempat sibuk, jadi artikel yang kali ini akan saya bagi menjadi dua part dalam satu pembahasan. Ya langsung saja kita membahas artikel part ke1.


Alat Fogging



 Alat-alat Penyemprotan/Semprot
alat fogging/Pest control
            Nyamuk memang sangat menyebalkan. Disamping sebagai vektor penular penyakit, nyamuk juga menimbulkan suara kurang
nyaman di pinggir telinga ketika tidur dan rasa gatal yang sangat menggangu ketika digigitnya.Terkadang bingung bagaimana cara efektif dalam memberantasnya. Ada alternatif dalam memberantasnya yaitu dengan cara penyemprotan.
            Sering kita menggunakan alat penyemprot nyamuk rumahan yang familiar dengan kita. Alat yang sederhana berisi racun nyamuk yang langsung disemprotkan ke udara atau ke kolong tempat tidur. Tetapi tahukah anda ada bermacam-macam alat dan metode dalam hal penyemprotan nyamuk. Berikut ini beberapa macam peralatan tersebut. Mungkin dapat anda jadikan referensi dalam pemberantasan nyamuk di sekitar anda.
           1.       SwingFog.
alat fogging/Pest Control         dan yang pertama adalah swingfog. Swingfog adalah pengasapan insektisida dengan mesin swingfog dilaksanakan dengan cara menyemprotkan insektisida ke dalam bangunan rumah atau lingkungan disekitar rumah yang diharapkan nyamuk yang ada dihalaman maupun didalam rumah terpapar dengan isektisida dan dapat dibasmi. Upaya untuk menekan laju penularan penyakit DBD salah satunya ditunjukkan untuk mengurangi kepadatan vektor DBD dengan cara kimiawi yang dikenal dengan istilah pengasapan (fogging) yaitu menggunakan alat yang diberi nama swingfog(pengendalian hama). Fogging adalah alat untuk membunuh sebagian besar vektor infektife dengan cepat, sehingga rantai penularan dapat segera diputuskan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan kepadatan vektor selama waktu yang cukup  sampai dimana pembawa virus tumbuh sendiri. Alat-alat yang digunakan untuk fogging terdiri dari portable thermal fog machine  dan ultra low volume ground sprayer mounted.
          Fogging yang efektif dilakukan pada saat di pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 dan sore hari pada pukul 15.00 sampai 17.00, bila dilakukan pada siang hari nyamuk sudah tidak beraktiftas dan asap fogging mudah menguap karena udara yang terlalu panas. Fogging sebaiknya jangan dilakukan saat hujan karena sia-sia saja melakukan pengasapan.
          Fogging dapat memutuskan rantai penularan DBD(pest control

) dengan cara membunuh nyamuk dewasa yang mengandung virus . namun, fogging hanya efektif selama dua hari. Selain itu, jenis insektisida yang digunakan untuk fogging ini saja harus ganti-ganti untuk menghindari resistensi dari nyamuk.
          Selama 40 tahun terakhir, bahan-bahan kimia telah digunakan untuk membasmi nyamuk untuk kesehatan masyarakat, saat ini banyak bermunculan fenomena resistensi terhadap bahan insektisida yang paling umum digunakan, antara lain: malathion, temephos, tenthion, permethrin, profoxur, dan fenithrothion. Cara itu sangat lazim digunakan pada saat outbreak terutama pada bulam-bulan kritis serangga DBD.

Tags:

0 Responses to “Alat Fogging”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Semprot. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks