Senin, 06 Februari 2017

Bagian Bagian Sprayer atau Semprot

Bagian Bagian Sprayer atau Semprot


Assalamualaikum WR WB. Mohon maaf karna dalam postingan sebelumnya saya melupakan satu artikel ini yang seharusnya dibahas dalam artikel yang sebelumnya. Oke, tanpa panjang lebar kita akan membahas artikel yang berikut ini.

Bagian Bagian Sprayer atau Semprot
Bagian bagian pada mesin semprot/pest control


Bagian-bagian
Bagian-bagian Bagian-bagian utama sprayer secara umum meliputi nozzle, pompa, pipa penyalur, saringan, tangki cairan dan sebagian dilengkapi dengan alat-alat pengukur tekanan serta klep pengatur semprotan. Dari bagian-bagian tersebut, nozzle meruapakan suatu bagian yang terpenting/biasa disebut dengan pest control.
Nozzle adalah bagian sprayer yang menentukan karakteristik dari semprotan ; yaitu pengeluaran, sudut penyemprotan, lebar penutupan, skema semprotan, dan skema penyebaran yang dihasilkan. Nozzle dibuat dalam bermacam-macam disain. Setiap tipe butiran cairan yang khas dihasilkan oleh nozzle yang khas pula dan sesuai dengan kebutuhan.
1)      Tipe-tipe nozzle :
o  Centrifugal nozzle yaitu bentuk nozzle yang paling banyak dijumpai, dibuat dengan sudut penyemprotan yang lebar dan dengan berbagai macam model pola penyemprotan dan kapasitas dapat mengendalikan pengendalian hama.
o  Flooding nozzle yaitu menghasilkan semprotan dengan model semburan. Nozzle ini disebut juga fan spray nozzle(Pest Control).
o  Two-fluid atomizer yaitu menghasilkan droplet yang sangat amat halus dan dapat menghindarkan pemborosan cairan, tetapi membuthkan tenaga yang sedikit lebih besar dari pada tipe-tipe yang lain.
o  Rotary atomizer yaitu digunakan untuk pekerjaan besar, dan menyemprotkan cairan dalam  jumlah besar dengan gaya sentrifugal dan mempunyai skema penyebaran 360o.
2)      Komponen-komponen nozzle :
o  Body
Bagian bagian pada mesin semprot/pest controlo  Penyaring
o  spuyer atau (nozzle tips), dan  nozzle cap
3)      Ada beberapa macam nozzle pada sprayer yaitu :
o  Hallow cone nozzle

Cara yang dapat menarik ke dalam nozzle akan mengalami pemusingan hingga penyebaran butiran cairannya akan berbentuk/membentuk cincin. Besar kecilnya ukuran sprayer kecuali ditentukan oleh tekanan yang diberikan juga dapat ditentukan oleh tekanan yang diberikan juga ditentukan o jarak pemusingan cairan terseebut. Makin panjang lintasan pemusingan yang ditempuh, maka semakin besar ukuran spray, tetapi makin kecil pula diameter penyebaran butiran sprayernya. Keuntungan penggunaan nozzle ini dapat diperoleh dari penyebaran ukuran butiran spray yang seragam tersebut.

Tags:

0 Responses to “Bagian Bagian Sprayer atau Semprot”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Semprot. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks